Workshop Paradigma Riset Terkini Dan Penggunaan Software SPSS Guna Meningkatkan Kualitas Penelitian

Authors

  • Melda Aulia Ramadhani Universitas Mulawarman
  • Muhammad Rinaldi Universitas Mulawarman
  • Sitti Rahma Sudirman Universitas Mulawarman
  • Muhammad Harits Zidni Khatib Ramadhani Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v1i2.16130

Keywords:

riset terkini, workshop, spss, statistik

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk lebih memajukan penelitian di bidang bisnis seperti manajemen, akuntansi dan ilmu ekonomi khususnya para peneliti di Kalimantan Timur untuk dapat bersaing dengan peneliti di provinsi lain melalui Perguruan Tinggi. Selain itu tujuan dari pelatihan ini diharapkan para peneliti dapat meningkatkan skill dan kenaikan jabatan fungsional dari instansi masing – masing dan bagi mahasiswa dapat meningkatkan kualitas penelitiannya. Sasaran pengabdian ini adalah para peneliti dan mahasiswa yang berdomisili di Kalimantan Timur. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan dengan materi yaitu Paradigma Riset Terkini dan Pengumpulan Data dan Pelatihan SPSS. Hasil Pengabdian ini adalah dengan adanya komitmen yang terbayarkan karena semuanya berjalan lancar dan sesuai jadwal, dan sebagian besar peserta dapat memahami informasi yang diberikan. Partisipasi peserta dalam proses kegiatan menunjukkan bahwa mereka bersemangat dengan materi yang diberikan. Beberapa peserta mengungkapkan antusiasmenya untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan menyarankan agar dilanjutkan pada hari lain dengan waktu pelatihan yang lebih banyak dan program pelatihan konsep statistik lanjutan seperti penggunaaan Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan AMOS, LISREL, Smart PLS, Eviews.

Author Biographies

Melda Aulia Ramadhani, Universitas Mulawarman

   

Sitti Rahma Sudirman, Universitas Mulawarman

   

Muhammad Harits Zidni Khatib Ramadhani, Universitas Mulawarman

   

References

Chandrarin, G. (2017). Metode Riset Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Salemba Empat.

Hartono, A. (2016). Multi Paradigma Dalam Penelitian Bisnis?; Suatu Tinjauan Konsep. Ekuilibrium?: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 7(1), 59. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v7i1.29

Muchson, M. (2015). Accounting Research Methodology Textbook Development To Provide College Students in Accounting Subject. Seminar Nasional Pendidikan Bisnis Dan Keuangan, 462–481.

Sarwono, J. (2009). Memadu Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif: Mungkinkah? Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Ukrida, 9(2), 98208.

Setijaningsih, H. T. (2012). Teori Bisnis Positif dan Konsekuensi Ekonimo. Jurnal Bisnis, XVI(03), 427–438.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-06

Issue

Section

Articles