Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Digital Dalam Berwirausaha Di Kabupaten Aceh Barat

Authors

  • Keumala Fadhiela ND Universitas Teuku Umar
  • Andrisman Satria Universitas Teuku Umar
  • Chaira Chaira Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v1i2.15709

Keywords:

canva, design graphic, media, online, training

Abstract

Penggunaan media yang memanfaatkan teknologi sangat penting dalam bidang marketing karena menjadi pendukung digitalisasi marketing dalam berwirausaha. Hal ini disebabkan oleh trend marketing diseluruh dunia yang bergeser dari metode tradisional ke metode digital. Canva adalah sebuah aplikasi desain grafis grafis yang membantu pengguna untuk membuat berbagai jenis materi kreatif secara online dan meningkatkan daya tarik produk. Penggunaan canva dapat menunjang wirausaha muda yang lebih kreatif dan modern. Kemampuan desain Mahasiswa di Kabupaten Aceh Barat masih rendah karena kurangnya pengetahuan dan sosialiasi mengenai teknologi yang berkembang sekarang ini. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan desain grafis untuk mendukung digital marketing menggunakan canva seluruh mahasiswa yang diwakili oleh Paguyuban Mahasiswa di Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan pelatihan dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta pelatihan mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan terkait media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva.

References

Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi Canva pada Ponsel Pintar. Journal of Approriate Technology for Community Services, 2(2), 86–91. https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss2.art5

Christine Suharto Cenadi. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(2), 92–103. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16056

Chusumastuti, D., Zulfikri, A., & Rukmana, A. Y. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran ( Studi ada UMKM di Jawa Barat ). 2(02).

Darmawan, K., Irdiana, S., Khairullah, M. N., & Ariyono, K. Y. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran Dan Kewirausahaan Ukm Kopi Di Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. The 6th Indonesian Conference "Rise Together With Digital Based Creative Economics.

Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 155–167. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/81/76

Hidayah, I. N. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Usaha CV. Ratatia Indonesia Rumbai Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. In file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.docx. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Larasati, G., & Roidah, I. S. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembuatan Konten Gambar Sebagai Upaya Promosi Produk Umkm Di Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 17–23. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index

Munarsih, M., Akbar, M., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada Smk Muhammadiyah Parung - Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3, 22. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6275

Nugrahani, R. (2015). Peran Desain Grafis Pada Label Dan Kemasan Produk Makanan Umkm. Imajinasi?: Jurnal Seni, 9(2), 127–136. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/imajinasi/article/view/8846

Rahmasari, E. ., & Yogananti, A. . (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain) Andharupa. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1), 165–178. https://doi.org/: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292

Sianipar, B., Marpaung, P., & Sinaga, D. C. P. (2021). Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Pemasaran Pada Cv. Lautan Mas. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 755. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5189

Solihah, S., & Zakiah, N. . (2022). No TitlePelatihan Penggunaan Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Kreativitas dalam Pemasaran Produk UMKM Makanan Khas Daerah Ciamis. Abdimas Galuh, 4(2), 1041–1050. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ag.v4i2.8099.

Suryani, I., Christian, A., & Prasetyo, A. (2022). Pelatihan Penyuntingan Gambar Digital Untuk Meningkatkan Daya Tarik Produk Melalui Digital Marketing. 1(2), 213–219.

Untuk, G., Taruna, K., Plandi, D., Wonosari, K., Malang, K., Choirina, P., Rohman, M., Tjiptady, B. C., Darajat, P. P., Fadliana, A., & Wahyudi, F. (2022). Peningkatan Marketing UMKM Dengan Pelatihan Desain. Indonesian Community Journal, 2(1), 8–16.

Xaverius, F., Wibowo, P., Hernawan, E., & Simbolon, A. S. (2022). Pelatihan Kewirausahaan dan Digital Marketing Bagi Pemuda dan Pemudi di Era Pandemi Covid 19 Kelurahan Kotabumi Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Abi Dharma, 2(1), 5–10. https://doi.org/10.31253/ad.v2i1.1073

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles