Pelatihan Peningkatan Kemampuan Parafrasa Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan STIK Bina Husada Palembang Dengan Menggunakan Sinonim Dan Mengubah Struktur Teks

Authors

  • Agus Wahyudi STIK Bina Husada Palembang
  • Arief Pamuji STIK Bina Husada Palembang
  • Ririn Martuti STIK Bina Husada Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/care.v1i2.15402

Keywords:

Parafrasa, sinonim, struktur teks

Abstract

konteks akademik dan professional. Dalam penulisan ilmiah, penggunaan parafrasa menjadi sangat penting dalam menghindari plagiarisme dan memperkaya kosakata yang digunakan. Dengan menggunakan variasi sinonim dan ekspresi yang tepat, kita dapat menghindari pengulangan kata yang membosankan dan menciptakan variasi dalam gaya penulisan. Tujuan diadakan kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan STIK Bina Husada Palembang dalam melakukan parafrasa dengan penggunaan persamaan kata dan struktur teks. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2023, yang dilaksanakan melalui zoom meeting objek kegiatan ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan STIK Bina Husada Palembang, sebanyak 34 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Keperawatan STIK Bina Husada Palembang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu: mereka yang berhasil parafrase dan 4 mahasiswa yang belum berhasil. Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan penguasaan kosa kata baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris.

References

Betti, Mohammed Jasim. (2022). Paraphrase in Linguistics. Diambil dari https://www.researchgate.net/publication/357661190_Paraphrase_in_Linguistics/citation/download. diakses tanggal 12 Juni 2023.

Rahul Bhagat, Eduard Hovy; What Is a Paraphrase? Computational Linguistics (2013). 39 (3): 463–472. doi: https://doi.org/10.1162/COLI_a_00166

Crowther, Jonathan (ed.), (1995). Oxford Advanced Learner’s Dictionary, New York: Oxford University Press.

Doyin, Mukh dan Wagiran. (2009). Bahasa Indonesia pengantar penulisan karya ilmiah. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Erhel, S., & Jamet, E. (2006). Using pop-up windows to improve multimedia learning. Journal of Computer Assisted Learning, 22, 137–147.

Hornby, AS. (1995). “Oxford Advanced Leaners’ Dictionary”. New York: University of New York.

Jaszczolt, K.M. (2022). Semantics and Pragmatics: Meaning in Language and Discourse. London: Pearson Education.

Malik, A., Isnaini, C., dan Leo. (2006). Kemahiran Menulis.UNRI Press, Pekanbaru.

Purdue OWL (2010). "Paraphrase: Write it in Your own words". The Writing Lab & The OWL at Purdue and Purdue University.

Purwanto, B.( 2022). Masalah dan Tantangan Kesehatan Indonesia Saat Ini. Diambil dari https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/masalah-dan-tantangan-kesehatan-indonesia-saat-ini diakses tanggal 3 Mei 2023.

Suhardi. (2013). Pengantar linguistik umum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Wahyudi, A. ., Pamuji, A. ., & Martuti, R. . (2023). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Parafrasa Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan STIK Bina Husada Palembang Dengan Menggunakan Sinonim Dan Mengubah Struktur Teks. CARE: Journal Pengabdian Multi Disiplin, 1(2), 30–36. https://doi.org/10.31004/care.v1i2.15402

Issue

Section

Articles