UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENJAS SISWA KELAS V A DI SEKOLAH DASAR NEGERI 49 PEKANBARU MELALUI PEMBERIAN TES KECIL DI AWAL PROSES PEMBELAJARAN

Authors

  • NURHUDA NURHUDA PEKANBARU

DOI:

https://doi.org/10.31004/bola.v1i2.728

Abstract

Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018 di SDN 49 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan ajsmani siswa kelas V A di SDN 49 Pekanbaru melalui pemberian tes kecil di awal proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan dua jenis data; kualitatif dan kuantutaif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi yang disapkan peneliti sedangkan data kuantitatif didapatkan peneliti melalui capaian nilai setiap siswa pada setiap pertemuannya. Pemilihan kelas VA dalam penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya rata-rata nilai siswa pada mata pelajaran penjas. KKM yang harus dicapai oleh setiap siswa adalah 80. Pada siklus pertama rata-rata nilai siswa adalah 75. Artinya dibutuhkan siklus kedua untuk menyelesaikan permasalahan ini. Peneliti memberikan tes kecil di awal proses pembelajaran pada setiap pertemuan. Di siklus kedua nilai siswa meningkat menjadi 82. Hal ini berarti seluruh siswa kelas VA sudah mampu mencapai bahkan melampaui KKM yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pemberian tes kecil di awal proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Penjas siswa kelas V A di SDN 49 Pekanbaru.

References

Ahmad, Abu. 1990. Teknik Belajar Yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.

BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Depdiknas.

Prayitno, Elida. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Persada Media Grup.

Sadirman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Warnelis, Elly. 2001. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Pemberian Tugas Terbimbing di Kelas III IPA 2 SMUN PGRI Padang TP 2001/ 2002. Skripsi tidak diterbitkan Padang: FMIPA UNP.

Downloads

Published

2018-06-08

Issue

Section

Articles