Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru

Authors

  • Usnan Usnan IAI Dar Aswaja Rokan Hilir

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v2i1.25812

Keywords:

religuisitas, minat masyarakat, bank syariah

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah di kota Bandar Pekanbaru. Metode – Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel dan diperoleh sampel 100. Pengujian instrumen dilakukan dalam peneliitan ini, setelah itu peneliti menggunakan metode regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas dapat mempengaruhi minat masyarakat menggunakan produk bank syariah sebesar 20,3%. Dengan hasil analisis yang menunjukkan bahwa variabel religiusitas memiliki nilai signifikansi 0,000 yang berarti variabel religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menggunakan produk bank syariah. Originalitas (Novelty) -  Penelitian ini berusaha mengungkap pengaruh religiusitas yang dimiliki oleh nasabah terhadap minat dalam menggunakan produk perbankan syariah. Implikasi – Hasil ini memberikan peluang kepada Bank Syariah Mandiri untuk meningkatkan sosialisasi produk bank syariah kepada masyarkat. Karena, semakin meningkatnya religiusitas maka kecenderungan masyarakat berminat untuk menggunakan produk bank syariah semakin meningkat.

References

Ancok, D., & Suroso, F. N. 2008. Pisikologi Islam: Solusi atas Problem-Problem Psikologi. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Crow. 1984. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Rochman Abror. Nur Cahaya. Yogyakarta.

Fauzi, A., & Murniawaty, I. 2020. Pengaruh Religiusitas dan Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa terhadap Minat Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Economic Education Analysis Journal, 9(2), p. 473-486.

Hirmawan, Muh Risky Adi. 2015. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Bank Jateng Syariah Cabang Surakarta). Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surakarta.

Pakkawaru, Irham. 2018. Pengaruh Tingkat Religiusitas, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menabung dan Informasi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Bilancia, 12(2), p. 365-387.

Purwanto, A. 2016. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Tingkat Pendapatan Terhadap Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah. Skripsi, IAIN Salatiga.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Bandung.

Sanusi, Anwar. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat. Jakarta.

Siregar. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif.

Kencana. Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi, Mixed Methods. Alfabeta. Bandung.

Suprihati. Sumadi., & Tho’in, Muhammad. 2021. Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 7(10), p. 443-450.

Suranto. 2019. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan dengan Program SPSS. Loka Aksara. Tangerang.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Usnan, U. (2024). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Kota Pekanbaru. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 2(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/money.v2i1.25812

Issue

Section

Articles