Implementasi Model Marketing 5.0 Pada Pertunjukan Wayang Kulit Di Era Digital

Authors

  • Putu Pesa Nugraha STIE Bank BPD Jateng

DOI:

https://doi.org/10.31004/money.v1i2.16218

Keywords:

marketing 5.0, wayang kulit, pertunjukan, digital, teknologi

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengulas pengembangan model marketing 5.0 melalui pertunjukan wayang kulit. Metode – Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif dengan pendekatan studi kepustakaan dengan menggunaakan analisis bibliografi. Data yang digunakan diperoleh dari buku dan artikel dalam jurnal ilmiah yang relevan dengan topik masalah yang diteliti. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan pemikiran yang kritis dari para ahli dengan pendekatan konstruktif dan interpretasi pada isi pokok, serta dari laman internet. Hasil – Marketing 5.0 adalah suatu ide yang mengungkapkan bahwa teknologi akan bekerja bersama manusia untuk meningkatkan kualitas hidup secara berkelanjutan. Untuk memberikan solusi kepada para penggemar, pertunjukan wayang kulit perlu melakukan inovasi. Konten digital yang disajikan melalui tayangan dapat menjadi solusi untuk penggemar yang terpisah jarak dan waktu. Selain itu, hal ini juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan membangun keberlanjutan bagi masyarakat. Originalitas (Novelty) – Penelitian ini berusaha mengungkapkan pengembangan model marketing 5.0 melalui pertunjukan wayang kulit. Implikasi – Untuk masyarakat diharapkan dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan kesadaran, apresiasi, dan partisipasi masyarakat terhadap pertunjukan wayang kulit. Dengan membangun pemahaman yang lebih baik tentang warisan budaya mereka sendiri, masyarakat dapat merasakan kebanggaan terhadap seni dan budaya mereka serta memastikan kelangsungan dan pelestariannya bagi generasi mendatang.

References

Chan, A (2021). Bedah Buku Marketing 5.0. Published by researchgate.net.

Cooper, D. R, dan P. S Schindler. 2014. Business Research Methods. Twelfth. New York, NY: McGraw-Hill/Irwin.

Dwiyama, F. (2021). “Pemasaran Pendidikan Menuju Era Revolusi Industri 5.0” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, volume. 11 (1). Hal 24-34.

Evanirosa., Bagenda, Christina., Hasnawati., Annova, Fauzana., Azizah, Khisna., Nursaeni., Maisarah., Asdiana., Ali, Ramsah., Shobri , Muwafiqus., Adnan, Muhammad. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Bandung: Media Sains Indonesia.

Https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211116163914-277-721967/perjalanan-wayang-kulit-indonesia-diakui-unesco.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology For Humanity. Published by John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Petticrew, Mark, and Helen Roberts. 2008. Systematic reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. https://doi.org/10.1002/9780470754887.

Ramli, Tasya Safiranita, Ahmad M Ramli, Huala Adolf, Eddy Damian, Miranda Risang Ayu Palar. 2020. "Over-The-Top Media in Digital Economy and Society 5.0. "Journal of Telecommunications and the Digital Economy 9 (3): 60-67. https://doi.org/10.18080/jtde.v8n3.241.

Ridley, Diana. (2012). The Literature Review: A Step-by-Step for Students. London: Sage Publications. https://www.mculture.go.th/mculture_th/download/king9/Glossary_about_HM_King_Bhumibol_Adulyadej's_Funeral.pdf.

Setiawan, A., & Warsito, H. (2019). Marketing Seni Wayang Kulit Purwa Melalui Media Sosial (Studi Pada Kelompok Wayang Kulit Purwa Dalang Ki Enthus Susmono). Journal of Business on Hospitality and Tourism, 1(2).

Wee, Bert Van, and David Banister. (2016).”How to Write a Literature Review Paper?” Transport Reviews 36 (2): 278-88 . https://doi.org/10.1080/01441647.2015.1065456.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Nugraha, P. P. . (2023). Implementasi Model Marketing 5.0 Pada Pertunjukan Wayang Kulit Di Era Digital. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 1(2), 122–131. https://doi.org/10.31004/money.v1i2.16218

Issue

Section

Articles