Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Materi Senam Lantai Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Kelas XII IPA 4 SMAN 3 Tualang Tahun 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7369Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan olahraga dan kesehatan dengan metode pembelajaran demonstrasi. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mapel penjaskes siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini diterapkan di SMA Negeri 3 Tualang, di Kelas XII IPA 4, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun 2021 pada semester genap. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA 4 sebanyak 33 orang siswa. Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator motivasi belajardan hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 3 Tualang, mata pelajaran Pendidikan olahraga dan kesehatan pada pokok bahasan senam lantai. Setelah dilakukan tidakan pada siklus I motivasi dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 51,51 % siswa mencapai nilai KKM dan setelah tindakan pada siklus II ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa menjadi 93,75 % telah mencapai nilai KKM.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-10-09
How to Cite
Khendri, Z. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Materi Senam Lantai Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Kelas XII IPA 4 SMAN 3 Tualang Tahun 2021. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 124–129. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7369
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zulfa Khendri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).