Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Materi Senam Lantai Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Kelas XII IPA 4 SMAN 3 Tualang Tahun 2021

Authors

  • Zulfa Khendri SMA NEGERI 3 TUALANG

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan olahraga dan kesehatan dengan  metode pembelajaran demonstrasi. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mapel penjaskes siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 3 Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini diterapkan di SMA Negeri 3 Tualang, di Kelas XII IPA 4, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun  2021 pada semester genap. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA 4 sebanyak 33 orang siswa.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator motivasi belajardan hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan  hasil belajar siswa Kelas XII IPA 4 SMA Negeri 3 Tualang, mata pelajaran Pendidikan olahraga dan kesehatan pada pokok bahasan senam lantai. Setelah dilakukan tidakan pada siklus I motivasi dan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 51,51 % siswa mencapai nilai KKM  dan setelah tindakan pada siklus II ada  peningkatan  motivasi dan hasil belajar siswa menjadi  93,75 % telah mencapai nilai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Khendri, Z. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Materi Senam Lantai Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Kelas XII IPA 4 SMAN 3 Tualang Tahun 2021. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 124–129. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7369