Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7367Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan Penelitian Tindakan Sekolah (action research). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Guru dalam melaksanakan pembelajaran Daring pada proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir yang berjumlah 16 orang Guru, berdasarkan hasil observasi, guru-guru tersebut belum maksimal dalam melaksanakan pembelajaran Daring. Objek penelitian ini adalah sebagai upaya meningkatkan kemampuan Guru dalam pembelajaran Daring melalui aplikasi google classroom. Instrumen penelitian berupa lembar Kuesioner, yang berguna untuk mencatat semua peristiwa pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran Daring selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan Pemahaman Guru-guru di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir dalam pembelajaran Darin g sesuai dengan tuntutan Pemerintah di masa Pandemi Covid-19 yang mewajibkan Guru untuk melaksanakan pembelajaran secara Daring sudah dilaksanakan dan dijalankan dengan baik di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I, pemahaman guru dalam pembelajaran Daring yang dilakukan selama proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir didapat jumlah 1.260. Nilai rata-rata 37, dengan persentase 77,20%. Dengan demikian pemahaman Guru-guru di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir dalam kategori Cukup Baik. Kemudian meningkat setelah pelaksanaan Siklus II Pembelajaran Daring yang dilakukan selama proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir didapat jumlah 1.339. Nilai rata -rata 39, dengan persentase 82,04%. Dengan demikian pemahaman Guru-guru di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir dalam kategori Baik. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman Guru dalam Pembelajaran Daring di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir dalam kategori baik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-10-09
How to Cite
Kenedi, J. . (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Di SMA Negeri 2 Rangsang Pesisir. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 115–118. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.7367
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 John Kenedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).