Pengembangan Essay Assessment Berbasis Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.6322Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 22 Lubuk Buaya Padang diperoleh informasi bahwa peserta didik masih sulit mengoptimalkan kemampuan berpikir khususnya dalam melatih keterampilan berpikir kritis. Oleh karena itu, perlu adanya penilaian untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu bentuk penilaian yang dapat dikembangkan dalam bentuk ini adalah penilaian esai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penilaian esai berbasis learning cycle model 7E untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor dengan kriteria valid, praktis, efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangannya menggunakan 4D. Persentase validitas hasil penilaian essay sebesar 89,63%%, RPP sebesar 92,36% dan penilaian 88,89%. Hasil yang diperoleh kepraktisan RPP kepraktisan 84,56% respon guru sebesar 87,50%, dan respon siswa sebesar 88,27%. Hasil efektif diperoleh sikap rata-rata 85,28, penilaian pengetahuan untuk penilaian essay diperoleh rata-rata 83,16 dan untuk soal post-test diperoleh rata-rata 81,68. Keterampilan penilaian diperoleh rata-rata sebesar 85,42. Selanjutnya, distribusi data diperoleh melalui uji efektifitas kelas yang berbeda. Hasil penyebaran diperoleh rata-rata sikap sebesar 84,06, pada penilaian pengetahuan untuk penilaian essay diperoleh rata-rata 84,06 dan untuk soal post-test diperoleh rata-rata 83,33. Penilaian keterampilan yang diperoleh rata-rata sebesar 84,21. Hasil penelitian penilaian esai berbasis learning cycle model 7E untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi suhu dan kalor dengan kriteria sangat valid, sangat praktis, dan efektif.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-08-26
How to Cite
Stavinibelia, S. (2022). Pengembangan Essay Assessment Berbasis Model Learning Cycle 7e Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik . Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 84–94. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.6322
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Stavinibelia Stavinibelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).