Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Syafrizah Syafrizah SMA NEGERI 3 Tebing Tinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan model inkuiri serta memperoleh gambaran motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus, tahapan dari masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 22 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran bermodel inkuiri dan lembar angket digunakan untuk data motivasi belajar biologi siswa. Dari hasil analisa data diperoleh hasil bahwa Penerapan model pembelajaran inquiri mampu  meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal sebesar 59,60 meningkat menjadi 65,20  pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,40 dan ketuntasan belajar pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (13,64%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan metode inquiri pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 54,55% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 siswa atau 86,36%. Penerapan model pembelajaran inquiri mampu  meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dari 5 siswa atau 22,73% pada kondisi awal, meningkat menjadi 13 siswa atau 59,09% dan 100% pada akhir siklus kedua.  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Syafrizah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 703–710. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4571