Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4571Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan model inkuiri serta memperoleh gambaran motivasi belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan 2 siklus, tahapan dari masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Tebing Tinggi tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 22 orang siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk memperoleh data aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran bermodel inkuiri dan lembar angket digunakan untuk data motivasi belajar biologi siswa. Dari hasil analisa data diperoleh hasil bahwa Penerapan model pembelajaran inquiri mampu meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal sebesar 59,60 meningkat menjadi 65,20 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,40 dan ketuntasan belajar pada kondisi awal sebanyak 3 siswa (13,64%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan metode inquiri pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 54,55% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 19 siswa atau 86,36%. Penerapan model pembelajaran inquiri mampu meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dari 5 siswa atau 22,73% pada kondisi awal, meningkat menjadi 13 siswa atau 59,09% dan 100% pada akhir siklus kedua.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-30
How to Cite
Syafrizah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2021/2022. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 703–710. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4571
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Syafrizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).