Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Meningkatkan Pemahaman Barisan dan Deret aritmatika Mata Pelajaran Matematika Kelas XII MAN Kuala Enok Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4241Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Problem Solving berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika ? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Matematika dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Problem Solving ? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Problem Solving terhadap hasil belajar Matematika . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Problem Solving Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (72.2%,), siklus II (82.5%), siklus III (92.5%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Problem Solving dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa MAN Kuala Enok serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Matematika .Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-04-27
How to Cite
Mar Apriadi, M. A. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Meningkatkan Pemahaman Barisan dan Deret aritmatika Mata Pelajaran Matematika Kelas XII MAN Kuala Enok Tahun Pelajaran 2017/2018. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 619–623. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4241
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Mar Apriadi Mar Apriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).