Metode Pembelajaran Active Learning Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Pidato Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMAN 5 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4234Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Metode Pembelajaran Active Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia ?(b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Indonesia dengan diterapkannya metode Pembelajaran Metode Pembelajaran Active Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Pembelajaran Active Learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Pembelajaran Active Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68%), siklus II (90%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Pembelajaran Active Learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Bahasa IndonesiaDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-05-17
How to Cite
Kamisah, K. (2022). Metode Pembelajaran Active Learning Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Teks Pidato Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMAN 5 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 585–591. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.4234
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Kamisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).