Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Plafform Google Classroom Pada Kelas XI APL SMK Negeri 2 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3905Abstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: apakah menggunakan Plafform Google Classroom pada kelas XI APL SMK Negeri 2 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan keaktifan belajar bahasa indonesia ? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa mata pelajaran bahasa indonesia  dengan plafform google classroom.(b) Untuk meningkatkan keaktivan belajar siswa kelas XI APL SMKN 2 Pekanbaru.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI APL Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengolahan data bahwa terjadi peningkatan keaktifan peserta didik pada Siklus kedua dimana seluruh aktifitas terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 77,38% dan termasuk katagori Amat Baik. Secara umum rata-rata keaktifan peserta didik pada Siklus  pertama 62,70 % dengan kagori Baik, sedangkan pada Siklus II rata-rata keaktifan peserta didik menjadi 77,38% dengan kategori Amat Baik. Adapun rata-rata keaktifan peserta didik pada siklus I dan II adalah 70,04 % dengan kategori Baik. Berdasarkan data diatas penulis bahwa penulis dapat menyimpulkan model pembelajaran jarak jauh  memberikan dampak positif terhadap keaktifan belajar peserta didik terutama pada peserta didik kelas XI APL.ÂDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-27
How to Cite
Yuliasma, Y. (2021). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Plafform Google Classroom Pada Kelas XI APL SMK Negeri 2 Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 713–718. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3905
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Yuliasma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).