Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Tamsiah Tamsiah SD Negeri 14 Anak Setatah

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3325

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yaitu rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui penggunaan  media gambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan  teknik triangulasi. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan partisipasi belajar dari 31,82% atau 7 siswa  pada studi awal menjadi, 72,73% atau 16 siswa pada siklus I, meningkat menjadi 90,91% atau 20 siswa pada akhir siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal terus mengalami peningkatan dari 56,82 pada studi awal menjadi 66,82 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 76,82, sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada studi awal hanya 5 orang siswa (22,73%) menjadi 54,55% atau 12 siswa, meningkat lagi menjadi 19 siswa atau 86,36% pada akhir siklus kedua. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa  penggunaan media gambar dalam pembelajaran  tema indahnya keragaman di negeriku dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Tamsiah, T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 678–684. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3325