Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3325Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yaitu rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi melalui penggunaan media gambar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi. Analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan partisipasi belajar dari 31,82% atau 7 siswa pada studi awal menjadi, 72,73% atau 16 siswa pada siklus I, meningkat menjadi 90,91% atau 20 siswa pada akhir siklus kedua. Peningkatan hasil belajar siswa, dimana nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal terus mengalami peningkatan dari 56,82 pada studi awal menjadi 66,82 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 76,82, sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada studi awal hanya 5 orang siswa (22,73%) menjadi 54,55% atau 12 siswa, meningkat lagi menjadi 19 siswa atau 86,36% pada akhir siklus kedua. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran tema indahnya keragaman di negeriku dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-30
How to Cite
Tamsiah, T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Anak Setatah Tahun Pelajaran 2019/2020. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 678–684. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3325
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Tamsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).