Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas IV Pada Diskusi Pembelajaran PKn SD Negeri 33 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3124Abstract
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu Bagaimana perilaku akademik siswa dalam diskusi pembelajaran PKn di SD. Hasil penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 33 Palembang beberapa klasifikasi perilaku siswa yang berdiskusi yaitu siswa pemalu, siswa yang bekerja sama dengan baik, siswa berpartisipasi, siswa berinisiatif, siswa yang percaya diri, siswa yang melakukan performasi serta siswa yang mengendalikan emosional dengan baik. Dalam hal ini juga memperhatikan penjelasan guru, membuat rangkuman materi, tepat waktu dalam mengerjakan tugas,berpartisipasi dalam diskusi, berani mengemukakan pendapat, menghargai pendapat siswa lain, menulis hasildiskusi, menyampaikan hasil diskusi dengan percaya diri, antusias mengambil bagian dalam belajar, konsentrasi selama proses pembelajaran, berani bertanya pertanyaan ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan. Perilaku akademik siswa kelas IV SD 33 Palembang termasuk dalam interpretasi sangat baik dengan indikator perilaku yang telah ditemukan berdasarkan pada data lapangan. Metode diskusi memiliki dampak akademik yang positif bagi siswa yang dapat dilihat dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-16
How to Cite
Hanum, L., Dedy, A., & Ferdiansyah, M. . (2021). Analisis Perilaku Akademik Siswa Kelas IV Pada Diskusi Pembelajaran PKn SD Negeri 33 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 578–584. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3124
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Laila Hanum, Adrianus Dedy, M. Ferdiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).