Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi

Authors

  • Fikri Haikal Universitas Esa Unggul, Jakarta
  • Harlinda Syofyan Universitas Esa Unggul, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969

Abstract

 Ilmu Pengetahuan Alam dalam pembelajaran daring sulit dipahami, sehingga sulit bagi siswa untuk menguasai materi dan menguasai mata pelajaran tersebut. Hal ini memungkinkan pemanfaatan media pembelajaran untuk mengatasi kebosanan saat proses pembelajaran terjadi. maka perlu dilakukan perbaikan, salah satunya ialah memanfaatkan media video pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. merupakan eksplorasi mendalam terhadap sistem pengikatan berdasarkan pengumpulan data. Peneliti ingin mengetahui keadaan dengan menggambarkan, menjelaskan, dan menguraikan fenomena dan ingin mempelajari lebih lanjut. Fenomena yang peneliti sebutkan dalam penelitian ini ialah Pemanfaatan media video dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di kelas III-A. Keberhasilan sebuah Pendidikan dipengaruhi beberapa komponen pendukung dengan memanfaatkan media video pembelajaran. Dalam pembelajaran daring saat ini, salah satu faktor penting keberhasilan pembelajaran berada pada memanfaatkan media pada pembelajaran dimasa pandemi seperti ini. Dalam dunia Pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia, pelaksanaan pembelajaran daring menjadi pilihan alternatif yang dilaksanakan agar Pendidikan tetap berlangsung. Memanfaatkan media video menjadi bagian penting dan utama dalam pembelajaran anak saat pembelajaran daring. Bahwasannya pemanfaatan media video pembelajaran sangat mempengaruhi belajar anak yang selalu bosan untuk belajar terutama untuk pelajaran IPA yang memiliki materi-materi nyata yang tidak bisa digambarkan hanya dengan melihat buku pelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, peserta didik akan lebih mudah mempelajari materi tertentu apabila dengan alat pandang yang nyata, umpamanya berupa gambar, realita/video, atau benda lainnya. Dengan adanya media video pembelajaran ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi oleh karena itu siswa dengan mudah memahami pelajaran dan tidak merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

Haikal, F. ., & Syofyan, H. . (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 377–385. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969