Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969Abstract
 Ilmu Pengetahuan Alam dalam pembelajaran daring sulit dipahami, sehingga sulit bagi siswa untuk menguasai materi dan menguasai mata pelajaran tersebut. Hal ini memungkinkan pemanfaatan media pembelajaran untuk mengatasi kebosanan saat proses pembelajaran terjadi. maka perlu dilakukan perbaikan, salah satunya ialah memanfaatkan media video pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. merupakan eksplorasi mendalam terhadap sistem pengikatan berdasarkan pengumpulan data. Peneliti ingin mengetahui keadaan dengan menggambarkan, menjelaskan, dan menguraikan fenomena dan ingin mempelajari lebih lanjut. Fenomena yang peneliti sebutkan dalam penelitian ini ialah Pemanfaatan media video dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA di kelas III-A. Keberhasilan sebuah Pendidikan dipengaruhi beberapa komponen pendukung dengan memanfaatkan media video pembelajaran. Dalam pembelajaran daring saat ini, salah satu faktor penting keberhasilan pembelajaran berada pada memanfaatkan media pada pembelajaran dimasa pandemi seperti ini. Dalam dunia Pendidikan yang dilaksanakan di Indonesia, pelaksanaan pembelajaran daring menjadi pilihan alternatif yang dilaksanakan agar Pendidikan tetap berlangsung. Memanfaatkan media video menjadi bagian penting dan utama dalam pembelajaran anak saat pembelajaran daring. Bahwasannya pemanfaatan media video pembelajaran sangat mempengaruhi belajar anak yang selalu bosan untuk belajar terutama untuk pelajaran IPA yang memiliki materi-materi nyata yang tidak bisa digambarkan hanya dengan melihat buku pelajaran. Pelaksanaan proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, peserta didik akan lebih mudah mempelajari materi tertentu apabila dengan alat pandang yang nyata, umpamanya berupa gambar, realita/video, atau benda lainnya. Dengan adanya media video pembelajaran ini sangat membantu guru dalam menyampaikan materi oleh karena itu siswa dengan mudah memahami pelajaran dan tidak merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-06
How to Cite
Haikal, F. ., & Syofyan, H. . (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III-A Di SDN Duri Kepa 17 Pagi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 377–385. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2969
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Fikri Haikal, Harlinda Syofyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).