Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Problem Based Learning Menggunakan Google Classroom Pada Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2887Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, Google ClassroomAbstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: apakah metode Problem Based Learning  Menggunakan Google Classroom pada Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar bahasa inggris? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Mengetahui cara meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Pekanbaru dengan menggunakan Google Classroom dengan metode Problem Based Learning.(b) Mengetahui kelebihan penggunaan Google Classroom dengan menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA N 9 Pekanbaru dalam meningkatkan hasil belajar.(c) Mengetahui kelebihan metode Pembelajaran Problem baesd learning menggunakan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran bahasa Inggris peserta didik dikelas XI IPA 2 dalam  meningkatkan hasil belajar?.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA2 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I 58 % dan siklus II 100 %. Simpulan dari penelitian bahwa Metode Problem Based Learning menggunakan google classroom pada masa pandemi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2020/2021.Downloads
References
Afrianti, W. E. 2018. Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia). Yogyakarta: UII.
Chatarina, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Rochiati Wiriaatmadja. 2009.Metode Penelitian Tindakan Kelas untukmeningkatkan Kinerja Gurudan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana. 1999. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Suharsimi Arikunto, 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sunarto. 1999. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Balai Pustaka.
Suryabrata. Sumadi. 1971. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Raja
Taufiq Amir.2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wasty Soemanto.1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Wina Sanjaya, 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Winkel. W. S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia