Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 9 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2886Keywords:
Blended learning, Pandemi covid-19, Aktivitas belajarAbstract
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: apakah Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri  9 Pekanbaru ? Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Mendeskripsikan penerapan model pembelalajaran Blended Learning diterapkan di kelas XII IPA2 SMAN 9 Pekanbaru pada pokok bahasan kimia unsur.(b) Meningkatkan aktifitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Blended Learning.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPA 2 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I 77.78 % dan siklus II 88.89 %. Simpulan dari penelitian bahwa  Metode Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Pekanbaru.ÂDownloads
References
Agus, Suprijono. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen pendidikan, PT. Rineka Cipta, Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindak Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmendri dan Milya Sari. 2019. Analisis Model-Model Blended Learning di Lembaga Pendidikan, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, Vol. 5, No. 2, September 2019, https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/ naturalscience/article/download/1082/915,
Batubara , Hamdan. 2020. Media Pembelajaran Efektif . Semarang: Fatawa Publishing
Dewi, Kadek Cahaya, dan Putu Indah Ciptayani, dkk,. 2019. Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Denpasar: Swasta Nulus
Dwiyogo, Wasis D. 2019. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Fatirul, Achmad Noor dan Joko Adi Walujo. 2020. Desain Blended Learning: Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Herliandry, Luh Devi, dkk. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22, No. 1, April 2020, https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15286/8695,
Indrawati & Wanwan Setiawan,2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk guru SD, Bandung: PPPPTK IPA
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan S.E No. 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari rumah Dalam Masa Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muzzakir dan Halid Hanafi. 2019. Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama