Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 5 SMAN 12 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2881Keywords:
Hasil belajar matematika, model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT),Abstract
Penelitian ini diawali dari masalah proses pembelajaran matematika siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan materi pokok turunan fungsi aljabar dan aplikasi turunan fungsi. Dalam proses pembelajaran   masih banyak siswa di kelas tersebut yang belum memahami materi yang dipelajari. Pada materi pokok turunan fungsi aljabar, terlihat dari hasil ulangan terakhir didapat hanya 20  siswa (57 %) dari 35 siswa yang mendapat nilai tuntas atau nilai siswa diatas 75. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan struktural Numbered Heads Together (NHT). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 5 SMAN 12 Pekanbaru pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi pada proses pembelajaran dan kerja kelompok serta hasil belajar peserta didik yang didapat dari tes formatif dan ulangan harian. Adapun aktivitas pengamatan proses pembelajaran yang digunakan adalah : keaktifan siswa, interaksi antar siswa, kerjasama siswa, dan pemahaman materi siswa Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh presentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) untuk siklus I adalah 14,28% dan siklus II yaitu 14,28%. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
References
___________ Nomor 22 Tahun 2016. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbud. Jakarta.
___________ Nomor 23 Tahun 2016. Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 23 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Kemendikbud. Jakarta.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bandung Kiwari. 2018. Sri Mulyani : Matematika Diperlukan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. https://kumparan.com/bandungkiwari/sri-mulyani-matematika-diperlukan-dalam-menghadapi-revolusi-industri-4-0-1538271015315718945 (Diakses tanggal 4 April 2019)
Febrianto. 2018. Mendikbud Ungkap Cara Hadapi Revolusi Industri 4.0 di pendidkan. https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/18/05/02/p8388c430-mendikbud-ungkap-cara-hadapi-revolusi-40-di-pendidikan (Diakses tanggal 3 Maret 2019)
Ibrahim dan Nur. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya
Kunarsih, Imas dan Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Guru. Jakarta : Kata Pena
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta. Grasindo
Muhammad Zainal Abdin. 2011. Teori konstruktivisme Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. http://masbied.com/2011/05/modul- matematika-toeri -belajar-vygotsky. Diakses pada tanggal 29 Juni 2018.
Nurhadi dan Senduk, A.G. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Universitas Negeri Malang. Malang.
Oemar Hamalik. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Kencana - Prenada Media Group. Jakarta
Sardiman A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. jakarta
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 2005.
Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan: Narulita Yusron. Nusa Media. Bandung.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematikadi Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sudijono, A, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabet. Bandung
Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Kelas. Dirjen Dikti. Jakarta.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif . Jakarta: Kencana.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Zainal arifin 2013. Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.