Pelaksanaan Kegiatan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengajar Di SDN 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2414Keywords:
kepala sekolah, supervisi klinis, keterampilan dasar mengajarAbstract
Permasalahan mendasar yang ada di SD Negeri 14 Anak Setatah adalah tingkat penguasaan bahan ajar dan keterampilan mengajar yang inovatif masih kurang. Kondisi ini mendasari perlunya guru memperoleh bantuan dan bimbingan dari kepala sekolah berupa kegiatan supervisi klinis. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian sebanyak 10 orang guru di SD Negeri 14 Anak Setatah. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data terdiri dari  Instrumen Penilaian Perangkat Perencanaan Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran. Pada penelitian ini validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.  Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis terbukti dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru SD Negeri 14 Anak Setatah Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil penilaian keterampilan dasar mengajar guru di mana pada kondisi awal sebesar 47,74 dalam kriteria kurang, meningkat menjadi 70,44 dalam kritera cukup dan pada siklus kedua sebesar 82,73 dalam kriteria baik. Dari penjelasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan supervisi klinis terbukti dapat meningkatan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020.Permasalahan mendasar yang ada di SD Negeri 14 Anak Setatah adalah tingkat penguasaan bahan ajar dan keterampilan mengajar yang inovatif masih kurang. Kondisi ini mendasari perlunya guru memperoleh bantuan dan bimbingan dari kepala sekolah berupa kegiatan supervisi klinis. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian sebanyak 10 orang guru di SD Negeri 14 Anak Setatah. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data terdiri dari  Instrumen Penilaian Perangkat Perencanaan Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran. Pada penelitian ini validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.  Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis terbukti dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru SD Negeri 14 Anak Setatah Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil penilaian keterampilan dasar mengajar guru di mana pada kondisi awal sebesar 47,74 dalam kriteria kurang, meningkat menjadi 70,44 dalam kritera cukup dan pada siklus kedua sebesar 82,73 dalam kriteria baik. Dari penjelasan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan supervisi klinis terbukti dapat meningkatan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020.Downloads
References
Allen. D., Ryan. K., 1987. Microteaching. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.
Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas PTK untuk Guru, SD, SLB, TK. Yrama Widya. Bandung.
Arikunto, S 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.
Gaffar, Fakry. 1987. Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi. Jakarta: P2.LPTK Depdikbud.
Glickman, 1991, Intructional Supervision, New Jersey, Prentice Hall, Inc Englewood Cliftfs
Kasihani Kasbolah. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Dep
Maunah, Binti, 2009, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Sukses Offset
Mukhtar & Iskandar, 2009, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Nergery. 1991. Human Resources and Personal Management. New York. Prentice Hall, MC.
Oliva, P.F. 1987. Supervision for Today’s School. New York: Longman, Inc.
Orlosky, D.E. 1984. Educational Administration Today. London: Charles E Merill Publishing, co.
Pidarta, Made, 1999, Supervisi Pendidikan Konstektual, Jakarta: Rineka Cipta
Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata, 2005, Landasan Psikologi Proses Pendidikan,. Bandung: PT Rosda Karya
Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto, Ngalim. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusaka
Sagala, Syaiful,2010, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan.Bandung : Alfabeta
Sahertian, P.A.2000, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media, 2010.
Satori, Djam AN. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA
Soewadji, L. 1987. Kepala Sekolah dan Tanggungjawabnya. Yogyakarta:Kanisius.
Soewono. 1991. Pedoman Pembinaan Profesional Guru. Jakarta: Dikdasmen.Depdikbud.
Sugiyono.2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.
Surakcmad, Winarno. 1983. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik.Bandung: Transito.
Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Tanner, D. and Tanner, L. 1987. Supervision in Education : Problems and Practices. New York : Macmillan.
Underwood, M. 1987. Effective Class Management A Practical Approach. Alih Bahasa Susi Purwoko. Jakarta : ARCAN.
Wiles, Kimball. 1983. Democratic Supervision. New York: Ms Graw Hill Book.Co.
Wiyono. 1989. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti:Depdikbud D2 LPTK.