Pelaksanaan Kegiatan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengajar Di SDN 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Lindawati Lindawati SDN Meranti,Kepulauan Meranti,Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2414

Keywords:

kepala sekolah, supervisi klinis, keterampilan dasar mengajar

Abstract

Permasalahan mendasar yang ada di SD Negeri 14 Anak Setatah adalah tingkat penguasaan  bahan  ajar  dan  keterampilan mengajar yang  inovatif  masih  kurang.  Kondisi  ini mendasari  perlunya  guru  memperoleh bantuan dan bimbingan dari kepala sekolah berupa kegiatan supervisi klinis. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir  Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian sebanyak 10 orang guru di SD Negeri 14 Anak Setatah. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokumentasi.  Alat pengumpulan data terdiri dari   Instrumen Penilaian Perangkat Perencanaan Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran. Pada penelitian ini validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.  Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis terbukti dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru SD Negeri 14 Anak Setatah Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil penilaian keterampilan dasar mengajar guru di mana pada kondisi awal sebesar 47,74 dalam kriteria kurang, meningkat menjadi 70,44 dalam kritera cukup dan pada siklus kedua sebesar 82,73 dalam kriteria baik.  Dari penjelasan di atas maka dapat ditarik  kesimpulan bahwa pelaksanaan supervisi klinis terbukti dapat meningkatan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir  Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020.Permasalahan mendasar yang ada di SD Negeri 14 Anak Setatah adalah tingkat penguasaan  bahan  ajar  dan  keterampilan mengajar yang  inovatif  masih  kurang.  Kondisi  ini mendasari  perlunya  guru  memperoleh bantuan dan bimbingan dari kepala sekolah berupa kegiatan supervisi klinis. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis oleh kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir  Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian sebanyak 10 orang guru di SD Negeri 14 Anak Setatah. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan dokumentasi.  Alat pengumpulan data terdiri dari   Instrumen Penilaian Perangkat Perencanaan Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran. Pada penelitian ini validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.  Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil analisis data  menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis terbukti dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru SD Negeri 14 Anak Setatah Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil penilaian keterampilan dasar mengajar guru di mana pada kondisi awal sebesar 47,74 dalam kriteria kurang, meningkat menjadi 70,44 dalam kritera cukup dan pada siklus kedua sebesar 82,73 dalam kriteria baik.  Dari penjelasan di atas maka dapat ditarik  kesimpulan bahwa pelaksanaan supervisi klinis terbukti dapat meningkatan keterampilan dasar mengajar guru-guru di SD Negeri 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir  Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen. D., Ryan. K., 1987. Microteaching. Massachusetts: Addison-Wesley Publishing Company.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas PTK untuk Guru, SD, SLB, TK. Yrama Widya. Bandung.

Arikunto, S 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Gaffar, Fakry. 1987. Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi. Jakarta: P2.LPTK Depdikbud.

Glickman, 1991, Intructional Supervision, New Jersey, Prentice Hall, Inc Englewood Cliftfs

Kasihani Kasbolah. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Dep

Maunah, Binti, 2009, Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek, Yogyakarta: Sukses Offset

Mukhtar & Iskandar, 2009, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press

Nergery. 1991. Human Resources and Personal Management. New York. Prentice Hall, MC.

Oliva, P.F. 1987. Supervision for Today’s School. New York: Longman, Inc.

Orlosky, D.E. 1984. Educational Administration Today. London: Charles E Merill Publishing, co.

Pidarta, Made, 1999, Supervisi Pendidikan Konstektual, Jakarta: Rineka Cipta

Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata, 2005, Landasan Psikologi Proses Pendidikan,. Bandung: PT Rosda Karya

Purwanto, Ngalim, 2004, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 1998. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung:remaja Rosdakarya.

Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusaka

Sagala, Syaiful,2010, Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan.Bandung : Alfabeta

Sahertian, P.A.2000, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media, 2010.

Satori, Djam AN. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Soewadji, L. 1987. Kepala Sekolah dan Tanggungjawabnya. Yogyakarta:Kanisius.

Soewono. 1991. Pedoman Pembinaan Profesional Guru. Jakarta: Dikdasmen.Depdikbud.

Sugiyono.2010. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.

Surakcmad, Winarno. 1983. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik.Bandung: Transito.

Syah, M. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Tanner, D. and Tanner, L. 1987. Supervision in Education : Problems and Practices. New York : Macmillan.

Underwood, M. 1987. Effective Class Management A Practical Approach. Alih Bahasa Susi Purwoko. Jakarta : ARCAN.

Wiles, Kimball. 1983. Democratic Supervision. New York: Ms Graw Hill Book.Co.

Wiyono. 1989. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti:Depdikbud D2 LPTK.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Lindawati, L. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Mengajar Di SDN 14 Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2019/2020. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 188–194. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2414