Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2246Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru SD, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penulis melakukan penelitian yaitu kompetensi pedagogik yang di miliki guru bahwasanya sudah bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan cara hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik. Faktanya adalah kemampuan guru dalam penyampaian pembelajaran mampu menarik perhatian peserta didik untuk menyimak dan memahami pelajaran, komunikasi yang terjadi antara guru dan peserta didik terarah dimana guru mampu mendorong kreativitas peserta didik, menggunakan metode dan strategi mengajar yang tepat serta menciptakan suasana yang dapat mendorong semangat peserta didik dan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar PPKn, dan 2) hasil belajar PPKn peserta didik pada aspek kognitif. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua peserta didik dan ibu kantin. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis analisis data menggunakan model Miles & Huberman yaitu terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian adalah: 1) kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pelaksanaannya melalui menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik untuk peserta didik, pengembangan kurikulum yang diberikan guru, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik yang diciptakan sedemikian rupa, komunikasi dengan peserta didik oleh guru serta penilaian dan evaluasi di dalam proses pembelajaran. Ketujuh kompetensi guru tersebut perlu diciptakan dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan 2) hasil belajar PPKn peserta didik pada aspek kognitif terlihat dari daftar nilai ujian tengah semester rata-rata sudah baik dan memuaskan.Downloads
References
Alfia Nur, A. (2014). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 65–72.
B. Uno, H. (2017). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara, Tahun 2017 hal 62-64
Dahnial, I. (2013). Analisis Kompetensi Guru PKn dalam Menerapan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Sekecamatan Stabat. Jurnal Teamatik, 32–45.
Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (1) 2017. Hal.27-36, 10(1), 27–36.
Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) Siswa Kelas 5 SD Negeri 164525 Tebing Tinggi. P-ISSN 2407-4934 e-ISSN 2355-1747 102, 8(2).
Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.
Nasution, E. (2008). Problematika Pendidikan di Indonesia Oleh : Jurnal Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Ambon, 1–10.
Prananda, Gingga, H. (2019). Jurnal basicedu. 3(3), 909–915.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Satori, D. (2008). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka Tahun 2018 hal 2.2-2.6
UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.
Widyawati, Ika, Edy Herianto, D. (2019). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengembangkan Tahapan Penilaian Sikap Sosial pada Mata Pelajaran PPKn Di SMPN Se-Kota Mataram Ika. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 133–150.