Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Proses Pembelajaran Di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Titing Widia Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Agus Saputra Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Riyadi Saputra Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2245

Keywords:

Strategi, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran.

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini berdasarkan pada strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam pengelolaan kelas di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini di bagi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari sumber pertama dan data sekunder berasal dari sumber kedua, ketiga dan seterusnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milers dan Huberman yakni yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kesimpulan.Pengelolaan kelas yang menyangkut pengaturan tempat belajar, pengaturan siswa, pemilihan bentuk kegiatan, pemilihan media pembelajaran, dan penilaian. Hal tersebut perlu dikelola dengan baik untuk menghasilkan suasana yang kondusif dan terciptannya pembelajaran yang baik pula. Pelaksanaan pengelolaan kelas di SDN 04 sitiung ini merupakan usaha untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan, agar siswa lebih nyaman dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan rekap hasil angket analisis strategi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada proses pembelajaran di SDN 04 Sitiung bahwa 21 orang siswa yang menjadi responden angket dengan persentase 91,43 % dengan kategori sangat setuju. Dapat dilihat dari angket respon siswa di SDN 04 Sitiung sudah mampu dalam menciptakan kelas yang kondusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyyah, R. . (2016). Management Of Lower Grade At Amaliah Elementary School Ciawi. 7(2), 81–95.

Asbar, A. M. (2018). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 39 Bulukumba. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 89. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.21

Fakhruriza, O. (2020). Al-Muqkidz : Jurnal Kajian Keislaman. Al- Muqkidz :Jurnal Kajian Keislaaman, 1(1), 76–89.

Kadri. (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran. Bidayah : Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 48.

http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/144

Minsih, M., & D, A. G. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122–130.

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421

Purnomo, B. (2017). Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 237–255. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6809

UU RI, NO.20, 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6. http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: Diva Press 1st ed.).

Yumnah, S., Tinggi, S., Islam, A., & Bangil, P. (2018). Strategi dan pendekatan pengelolaan kelas dalam pembelajaran. 13(1), 18–26.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Widia, T., Saputra, A., & Saputra, R. (2021). Analisis Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Pada Proses Pembelajaran Di SDN 04 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2245