Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 06 Sitiung Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dan Gerak

Authors

  • Al Mainah Al Mainah Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Rusyda Ulva Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Antik Estika Hader Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2121

Keywords:

Media Audio Visual, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Berdasarkan latar belakang peneliti, hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik masih banyak yang belum mencapai KKM, karena penggunaan model pembelajaran diterapkan guru masih kurang maksimal dan media pembelajaran digunakan belum bervariasi sehingga siswa bosan dan pasif di dalam kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN 06 sitiung pada pembelajaran IPA Tema 7 indahnya keberagaman di negeriku. Jenis penelitian menggunakan Pre Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif bentuk desain The One Grup Pretest Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 06 Sitiung Dharmasraya. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda berjumlah 25 soal pre-test maupun post-test. Data dianalisa menggunakan Uji Normalitas dan Uji Hipotesis yang akan diolah menggunakan SPSS 22. Berdasarkan data hasil penelitian dan hasil analisis pretest dan postest, dengan menggunakan uji paired sampel tes menunjukkan nilai signifikasi hasil uji paired T Test diperoleh signifikansi 0,001<0,05 artinya Hο ditolak dan Hα diterima, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menguji kebenaran hipotesis yaitu terhadap peningkatan terhadap pengaruh media audio visual dalam bentuk video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak SDN 06 Sitiung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, R. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI C SDN 004 Tembilahan Kota. 6(September), 276–285.

Angreiny, D., Muhiddin, M., & Nurlina, N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Bontoramba. 4(1), 42–49.

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bakasi. II(2), 33–38.

Majid, & Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran (Mukhlis (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Nasional, U. S. P. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. 3(2), 64–72.

Parwasih, N. W. S., & Waraouw, Z. W. . (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Penernaan Manusia. 1, 6–10.

Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. 5(1), 1–10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D (Sutopo). ALFABEYA,CV.

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Metode Pebelajarn CTL Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Kemampuan Berkomukasi. 5(1), 11–18.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Al Mainah, A. M., Ulva, R., & Hader, A. E. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 06 Sitiung Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dan Gerak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 55–60. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2121